Wednesday, 26 August 2015

Nugget Ayam Stik



Assalamualaikum..

Biasanya setiap weekend, saya membuat stok lauk yang bisa memudahkan saya di pagi hari. salah satunya adalah nugget. Kali ini saya mau membagi resep nugget ala saya yang saya adaptasi dari resep nugget ayam Just Try and Taste. 





RESEP NUGGET AYAM


Bahan:
1/2 kg daging ayam cincang
1,5 sdm bumbu dasar putih
1 sdt garam (munjung nyendoknya)
Seujung sdt gula
1/2 sdt merica
2 sdm mayones
1 butir telur
3 sdm tepung terigu

Bahan pelapis basah :
1 sdt bawnag putihbubuk
1/4 sdt garam
Terigu secukupnya
Air
1 butir telur
Kira2 jangan terlalu encer ato kental. Seperti adonan kulit risol aja.

Cara :
1. Campur adonan bahan sampai rata.
2. Coba kukus/goreng sedikit untuk koreksi rasa
3. Alasi loyang dgn kertas minyak/aluminium foil oles minyak goreng.
3. Tuang adonan ke loyang dan Kukus 30 menit
4. Dinginkan
5. Potomg sesuai selera
6. Gulingkan nuget potong di tepung terigu, tipis2 aja asal rata.
7. Celup di pelapis cair
8. Gulingkan di tepung roti
9. Simpan di freezer.
*Biasanya tahan 1 bulan.


note : foto entry saya untuk event mingguan di Instagram #52weeksfoodphotographyproject
#52wfppbeforeafter

Semoga resepnya bermanfaat ;)

-Ika-
IG : momo_ika

Tuesday, 25 August 2015

Sushi Kapal dan Resep Nasi Uduk Sawi

Bismillah..

Hari ini bekal anak-anak adalah nasi uduk sawi yang saya gulung ala sushi. Saya buatkan nasi uduk sayur agar anak-anak tidak bosan dengan olahan sayur untuk bekalnya.



Isian bekal anak-anak adalah sushi nasi hijau dengan isi tamagoyaki dan wortel rebus, selan itu saya membawakan tempe goreng tepung. Untuk Adeknya tidak mau dibuat sushi katanya..nasi biasa aja sama tempe goreng.. hehe..begitulah..seleranya masing-masing :)


Berikut Resep Nasi Uduk Sawi :





RESEP NASI UDUK SAWI

Bahan :
1,5 cup beras
1 iris tipis jahe
1 siung bawang putih 
1 sdt garam
1/4 sdt gula
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 buah sere
1 lembar pandan
2 genggam daun sawi yang sudah dicuci dan dipotong
1 cup air (untuk memblender sawi)
40 cc (kurleb 1/2 bungkus santan instan) + 1 cup air --> aduk rata

cara :
1. cuci bersih beras, sisihkan
2. haluskan bawang putih, jahe, garam, gula, sisihkan
3. blender sampai halus daun sawi dengan 1 cup air
4. tumis bumbu hingga harum, masukkan beras, daun jeruk, daun salam, sereh
5. tambahkan air blenderan sawi, aduk rata hingga meresap
6. masukkan air santan dan pandan, masak hingga air habis
7. panaskan kukusan
8. kukus sampai matang kurleb 20-30 menit

*Ketika menggunakan RICE COOKER :
setelah bumbu ditumis, masukkan beras, air sawi, daun2an, air santan ke dalam rice cooker, nyalakan dan aduk sesekali agar warnanya campur merata.

siap.. ^_^
semoga bermanfaat ;)


Monday, 24 August 2015

Quick Bento : Carrot Bento and Heart shape sushi bento


Bismillah..

Helloo apa kabar semuanya? semoga selalu sehat..
Hari ini saya akan posting bekal dua putra-putri saya.. satunya SD kelas 3 dan satunya TK A maka secara porsi berbeda..

semoga postingan saya bisa bermanfaat buat semuanya, biar ga ribet klo pagi...mari kita siasati bekal anak2.. :)

Bento Wortel 

Bento wortel isinya : nasi, nugget ayam stik, tahu bacem, edamame, timun, wortel.
untuk bento adeknya yang TK karena sudah sarapan maka cukup stik nugget ayam dan edamame saja sesuai request Kinar.

 
                                                                  Bento Sushi Hati

Bento sushi ini request anak-anak dari sore kemarin.. Baiklah anak2 inilah bekal kalian hari ini.. Sushi hati, jagung rebus dan udang goreng.. Untuk menu hari ini sama, tapi porsinya yang beda untuk kakaknya 4 potong nasi sushi dan untuk adek cukup 1 potong saja karena adek pulang siang jam 11.

Semoga bermanfaat ^_^

-momoika-