Wednesday, 21 August 2013

Opor Ayam Suwir dan Sambal Goreng Labu Siam

Taqobalallohu Minna Wa Minkum.. Happy Eid Mubarok !

Masih di bulan syawal yang penuh nuansa santan di setiap masakannya :)

Saya pun turut menyemarakkan bulan bersantan yang digelar sebagai Monthly event Pawon Ibu ini.. Tapi saya sengaja memilih yang jauh2 dari namanya daging.. karena oh karena..di lebaran kemarin sudah kenyang sampe bosen makan mulai daging, buntut, kikil, iga.. hahahaha.. sampe-sampe kangen sama ikan, penyet tempe+terong dan ayam :D



Menu ini saya masak karena pingin denger cerita ibu yang dikirimin sama temannya ketupat opor..xixiix.. bawaan bumil, sukanya mupeng bin ngiler klo denger makanan..

tapi oh tapi, tukang sayur belum lengkap waktu itu.. Pas nengok di kulkas adanya ayam fillet yang hanya 1/4 kg.. Ya udahlah, klo gitu dibikin versi opor ayam suwir saja :)

Resepnya begini.. ohya, saya ini klo masak minimalis santan yaaa.. jadi klo mau lebih kental, takaran santan bisa ditambah sendiri sesuai selera ;)

Resep Opor Ayam Suwir
 
bahan :
250 gr ayam tanpa tulang
6 butir telur (rebus dulu)
2 sdm santan kara beku (saya simpan di kulkas)

bumbu :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah (untuk diiris2)
1 siung bawang putih (untuk diiris2)
3 butir kemiri utuh (sangrai)
1/8 sdt jinten bubuk (saya pake sedikit soalnya anak2 ikutan maem, dan biasanya mereka tidak suka rasa terlalu tajam)
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/4 sdt pala bubuk
garam, gula
1/4 sdt merica bubuk
2 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
2 batang sereh (iris ujung putihnya, untuk dihaluskan bersama bumbu)
1 iris jahe
air asam (dari 1/2 sdt asam matang+2 sdm air)
500 cc air

cara :
1. iris ayam/suwir, lumuri air asam, sisihkan.
2. haluskan bumbu halus (kecuali daun salam dan potongan sereh bagian atas)
2. tumis bumbu sampai harum dan matang
3. masukkan ayam+air asam, masak hingga matang
4. masukkan santan beku
5. tambahkan air, masak hingga tercampur, masukkan telur, tambahkan garam+gula
6. masak hingga meresap dan kuah merasuk.

Sambal goreng labu siam/manisah
 

Bahan :
250-300 gr labu siam, iris tipis, peras dengan air garam, cuci bersih.
2 sdm santan instan beku (saya simpan di kulkas) -boleh looh dilebihin klo memang suka kental-
500 cc air kaldu daging/ayam/udang

bumbu :
5 siung bawang merah, iris tipis
3 siung bawnag putih, iris tipis
1 buah cabe merah besar, buang isi, iris tipis
1/4 sdt merica bubuk
2 lembar daun salam
1/2 cm lengkuas, keprek
garam, gula
1 sdm ebi kering

cara :
1. tumis bumbu dan ebi sampai matang
2. masukkan labu siam, aduk rata
3. masukkan air kaldu, masak hingga labu setengah matang
4. masukkan santan
5. aduk rata, masak hingga matang tapi labu siam masih krenyes..krenyes..
6. beri garam, gula, koreksi rasa, angkat.

selamat menikmati
:)
-ika-

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Enak banget mba resepnya sukses, sampe suami ngabisin buat sahur aku. luedesss semua :), cocok bgt dengan kita yang sama sama mengurangi kadar santan dan minyak maklum sy dan suami sdh termasuk tua hehe. Ngebantu banget resepnya, look forward to make other recipe frm you.
    Sukses selalu trimakasih ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..klo suka dan cocok resepnya :) Insya Alloh mbak y'sie nanti saya posting2 lagi resep lainnya.. hehe, kmrn ini masih banyak liburnya ngisi blog soalnya agak sibuk..
      Sukses juga buat mbak y'sie.. salam persahabatan ^^

      Delete