Thursday, 25 April 2013

Nugget Bihun Ayam


Bismillah ..

Hello..apa kabar?? :)
Kemarin, saya melihat postingan myrna recy tentang menu mayaza putrinya yaitu bihun kuah… saya pun jadi terinspirasi membuatkan anak2 bihun kuah..apalagi akhir-akhir ini anak2 sedang batuk pilek.. *makasiiih yaa myrna, inspirasinya.. ;)

Juga pagi kemaren kinar sempet bilang.. “Mama, kinar nasi ga enak” maksudnya kinar sedang tidak suka makan nasi.. baik, akhirnya pagi itu saya membuat bihun kuah sop ayam buat anak2.. tapi tidak semua bihun yang saya seduh saya masukkan.. Walhasil, setelah sarapan masih banyak bihun yang tersisa..

dan di kulkas ada stok ayam ¼ kg.. hmmm.. akhirnya gugling2..nemu resep nugget bihun pedas di http://www.tabloidnova.com/Nova/Sedap/Makanan/Nugget-Bihun-Pedas yang akhirnya saya modif menjadi nugget bihun ayam ala saya.. ;)

Mas dhika begitu nugget bihun-nya mateng dari kukusan langsung minta diiris.. setelah nunggu agak dingin lalu diiris, mas habis 10 potong..haha, enak katanya.. tapi adeknya mau yang digoreng kriuk.. hehe, ada dua anak dua selera, nanti yang ketiga gimana ya.. hihihi..


btw..ini resep ala saya :

Nugget Bihun Ayam
Bahan Nugget :
90-100 gr bihun/1 keping bihun jagung, (seduh air panas, tiriskan)
250 gr ayam cincang
1 buah wortel, serut kasar
50 ml susu cair
50 gr keju parut
¼ buah bawang Bombay iris kotak kecil
3 btr telur
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
4 bh bawang merah
3 siung bawang putih
3/4 sdt garam (atau sesuai selera)
1 sdt lada
Panir:
2 btr telur, kocok
50 ml air
1 sdt garam
200 gr tepung roti

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan nugget  (kecuali minyak yaa.. J
)dan bumbu halus, aduk rata. Masukkan dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin/minyak goreng. Kukus dalam dandang panas selama 35 menit hingga matang, angkat. Dinginkan.
2. Potong nugget  menurut selera. Celupkan nugget  ke dalam telur kocok yang sudah dicampur dengan air dan garam, lalu gulingkan ke dalam tepung roti. Simpan dalam lemari es selama 15 menit.
3. Goreng dalam minyak panas, sampai berwarna kuning kecokelatan. Sajikan dengan saus tomat/mayonaise.


Cocok banget.. dicamil dan di colek saus seperti ini… lumayan, camilan mengenyangkan buat anak-anak klo sedang ga doyan makan :)




atau dimakan setelah dikukus ajah juga enak.. ^_^


selamat menikmati.. semoga bermanfaat ;)

-Ika Damayanti-

Tuesday, 23 April 2013

Mr & Ms. Cat (Snack Bento)

Today's bento is about snack..
yesterday i made coffee steamed cake, and i still have yoghurt jelly.. so i put them all ini my son's bento for today..

here is today's bento :


if you have cake, maybe this bento can inspire you to make cute bento ;)

happy bento-ing ;)
-ika-

Pasta Bento

Hello..

it's very long time i didn't update my bento ;)
i still make bento everyday for my son.. but sometimes i didn't make charaben..

and..this bento i made for Bento & co contest 2013 with Pasta Bento Theme. you can check the link of the contest here : http://en.bentoandco.com/pages/the-2013-international-bento-contest

and here is my entry for the contest ;)


·      First tier of my bento is main dish, which contain spaghetti with spicy chicken sauce, ebi furai, tamagoyaki fill with snap, also some vegetables.
·      I was inspired with the images in the logo contest, a woman wearing kimono.. (maiko san) So I put the character as the topping for my spaghetti. Woman in kimono made from slices cheese and details from carrot, snaps, and nori, also sausage with Sakura shape.
·      in the second tier, I put my country tropical fruit that is star fruit and watermelon. Also yogurt pudding with melon flavors.

hope you enjoy my bento ;)

-ika damayanti-


Friday, 19 April 2013

Pepes Kerang Tahu

Pas jalan ke kios majalah, lihat tabloid koki yang ada resep botok kerangnya.. Nah, akhirnya tertarik deh..untuk bikin sekalian setor buat Monthly Event Pawon Ibu bulan april.


Sewaktu hari kamis kemarin, kebetulan klo kamis libur.. jadi bisa masak2, eh..di tukang sayur yang lewat ada kerang.. siiipp lah.. tetapi..oh tetapi mbak narti (nama tukang sayurnya :D) ga bawa daun, ga bawa kelapa muda.. hiiikksss..

Ceritalah diriku ke ibuku yang pagi itu dateng ke rumah,, beliau mengusulkan dibikin pepes aja, dikasih santan kanil n telur.. waaahh..ide yang baguus :) boleehh..



mulailah diriku hunting daun, sehabis pergi untuk memaketkan beberapa pesanan buku bento.. nemu sih, tapi ga banyak.. ya sutralah..dikit juga yang penting bikin botok/pepes.. :)

Nah,.. gugling gugling sebelum masak..nemu resep di Sajian Sedap yang ini : http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/8238/pepes-tahu-dan-kerang. yang akhirnya kumodifikasi di sana sini.. sesuai dengan saran mamiku.. diberi santan kanil dan telur.

Jadilah seperti ini Pepes Kerang Tahu ala Ika ;)


Resep Pepes Kerang Tahu

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
125 gram kerang darah
1 lembar daun jeruk
1 cm lengkuas
1/2 sendok teh garam
1 buah (300 gram) tahu putih, dihaluskan
1 butir telur, dikocok lepas
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, diiris halus
1 1/2 cabe merah, iris tipis, dibuang biji
1 lembar daun salam, dibagi dua
1 butir telur
2 sdm santan instan (bisa diganti santan kental)
daun pisang untuk membungkus

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih, digoreng
1 cm kunyit, digoreng
5 butir bawang merah, digoreng
2 butir kemiri, digoreng
1/2 buah cabai merah, buang biji
1 1/2 sendok teh garam
3/4 sendok teh gula pasir

Cara Pengolahan :
  1. Rebus air, kerang darah, daun jeruk, lengkuas, dan garam sampai matang. Tiriskan. Buang airnya.
  2. tumis bumbu halus.
  3. Aduk rata tahu, kerang rebus, telur, daun jeruk, cabai merah, bumbu halus, telur kocok dan santan kental.
  4. Ambil selembar daun pisang. Beri potongan daun salam. Beri Isi. Bungkus. Semat ujungnya dengan lidi.
  5. Kukus kurleb 20 menit sampai matang.
  6. Bakar di atas teflon/panggangan hingga daun agak gosyong.. :D
Ika jadi 6 bungkus (1 pepes @2,5 sdm)

rasanya sedaapp.. lebih sedap klo ditambah kemangi kali ya..:D
dan juga dibiikin agak pedas.. tadinya ga dibikin pedas karena biar anak2 bisa maem, tapi krucilku ternyata ga suka hikss..padahal klo udang/ikan suka banget loh..
mereka lebih suka kerang yang ada kulitnya, dimasak sayur bening.. terpaksa kemaren masak lain lagi buat anak2.. :)

oya..klo kerangnya tidak direbus dulu tapi ditumis matang sama bumbu.. jadi merasuk..baru dicampur ke tahu.. mungkin juga jadi lebih berasa ya.. hihi..

silakaaan dicobaaa.. :)

-ika damayanti, mamadhinar ;)-






Puding Kentang Coklat - Biskuit

Kapan itu pernah si kecil minta dibikinin donat, dan favoritnya adalah donat kentang.. maka pagi-pagi segeralah aku kukus kentang, supaya siang sepulang kerja bisa dibuat donatnya..
eehh..ternyataaa... tidak punya ragi instant.. dieeengg.. >_<

akhirnya googling..karena si kecil sudah demo.. "dunat..dunat..dunat.."
setelah gugling nemulah resep yang memikat hati, di blognya mbak Hesti yaitu puding kentang biskuit..
dan langkah selanjutnya adalah merayu si kecil agar mau donatnya diganti puding saja.. :D
dan tanpa perlawanan si kecil mau.. hihihi...iyalah..lawannya anak 2 tahun :))


saat itu, buatlah puding coklat yang resepnya ada di blog Mbak Hesti.. maturnuwun mbak Hesti, pudingnya maknyuuuss..lembuut tenan..anak2 suka.. ;)

pas waktu itu bikin karena ga punya biskuit, jadi ga dikasih biskuit.. Naahh..pas minggu lalu bikin lagi kedua kalinya, baru deh dibikin pake biskuit.. jadi saah..namanya puding kentang biskuit :)

RESEP (sedikit modif dari Ika)

bahan :
200 gr kentang kukus, (haluskan)
200 gr gula pasir (*IKA jadi 125 gr saja, itupun sudah manis, karena ada SKM juga)
1 telur utuh + 2 kuning telur
1 1/2 sdm margarin (lelehkan)
150 cc Susu Kental Manis diencerkan dengan 150 cc air
25 gr tepung protein sedang
25 gr tepung maizena
1/2 sdt vanili

bahan puding coklat :

200 gr gula pasir (*ika 100 gr saja :D)
1 bungkus agar-agar putih
1/2 sdt vanili bubuk
3 sdm coklat bubuk (ayak) (*ika : 4 sdm)
1 sdt moka pasta (*Ika skip.. gapunya)
750 cc susu cair

pelengkap :
biskuit marie secukupnya

cara :
1. kocok telur, gula dan vanili sampai kental dan putih. Setelah itu turunkan pelan sambil masukkan kentang, larutan susu, margarin.
2. Tambahkan tepung terigu dan maizena, aduk rata.
3. kukus selama kurang lebih 30 menit, angkat, tata biskuit marie (yang telah dicelupkan ke dlaam susu cair terlebih dahulu).
4. tuang larutan agar-agar coklat perlahan agar biskuit tidak berhamburan. hilangkan uap panasnya.
5. dinginkan dalam lemari es.



puding ini lembuut deh.. sukaaa.. :)

-mamdhinar-

Thursday, 18 April 2013

Mie Goreng

ini adalah edisi mie goreng buat sarapan kemaren pagi.. ^_^
hehe..cuman mie goreng.. tapi kok ya pingin banget motret yaaa.. :D

dan..mie goreng adalah salah satu menu andalan saat kepepet.. saat nasi ternyata habis.. saat anak2 males maem nasi.. :)

dan saya punya beberapa resep mie goreng..salah satunya adalah mie goreng yang ini..
cekidot resepnya di bawah foto yaah.. :)



RESEP MIE GORENG AYAM

Bahan :
1 bungkus mie goreng merk 3 telor
100 gr daging ayam mentah, iris-iris ambil dagingnya (*ika pake ayam kampung)
5 buah bakso ayam, iris tipis sesuai selera.
1 ikat sawi, cuci, potong-potong
1 buah wortel, iris panjang-panjang atau sesuai selera

Bumbu :
4 butir bawang merah
3 butir bawang putih
1/4 buah bawang bombay, iris kecil, atau sesuai selera
2 buah bawang pre, iris tipis
1/4 sdt merica bubuk putih (*anak saya yg kecil tidak suka rasa merica jd saya hanya pake sedikit)
1/8 sdt pala bubuk
1/4 sdt gula
1/2 sdt garam
1 sdt saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
1 buah tomat, cuci, iris sesuai selera
3-5 sdm minyak goreng untuk menumis
bawang goreng untuk taburan.
telur dadar/telur mata sapi/telur rebus sebagai pelengkap.. (*ika pas ini bikin tamagoyaki sekalian untuk bekal dhika sekolah)

How to :
1. rebus mie, jika sudah matang, tiriskan. Tambahkan sedikit minyak goreng, kecap manis dan kecap asin pada mie yang sudah ditiriskan. campur rata.
2. haluskan bawang merah, bawang putih.
3. tumis ayam hingga berubah warna, masukkan bumbu halus dan bawang bombay. tumis sampai harum. masukkan garam gula, saus tiram.
4. tambahkan bawang pre dan wortel, masak hingga wortel masak, masukkan juga irisan bakso ayam.
5. masukkan sawi, masak hingga masak, lalu masukkan mie yang telah dicampur kecap.
6. aduk rata hingga matang.
7. sajikan, taburi bawang goreng, acar dan cabe hijau (jika ada).

siaapp.. yuukk sarapan ;)

-mamadhinar-